Thursday, April 3, 2014

RelawanTIK Cianjur mengisi materi Internet Sehat di LDK Osis MTs Yapisal

Pada tanggal 28 Maret 2014 jam 14:00 bertempat di MTs Yapisal Pasirhayam Cilaku Cianjur, RelawanTIK Cianjur berkesempatan menyampaikan materi tentang Internet Sehat diacara LDK Osis MTs Yapisal, materi tersebut dibawakan oleh Ketua RelawanTIK Cianjur Denden Sofiudin.

 @dobelden sedang presentasi

Pemaparan dititikberatkan pada pentingnya siswa berinternet dengan sehat, seperti apakah internet sehat itu?

Ada beberapa point yang bisa disarikan dari Presentasi materi Internet Sehat tersebut diantaranya :
  1. Ketahuilah batas usia dalam mengakses atau daftar suatu website, sebagai contoh untuk membuat sebuah akun di Facebook disyaratkan usia Minimal adalah 13 tahun karena usia itu menjadi patokan sang pemilik akun bisa lebih terkontrol dalam menggunakannya
  2. Jangan sembarangan memberitahukan password ke orang lain; 
  3. Hanya menerima pertemanan dari orang yang dikenal secara pasti;
  4. Jangan posting sesuatu yang sebenarnya kamu tidak mau postingan itu dibaca dan dilihat oleh orang tua, guru ataupun rekan kerja;
  5. Harus unik dan menjadi diri sendiri; 
  6. Pelajari tentang pengaturan keamanan yang ada disebuah website.
Sudah terlalu banyak kasus-kasus yang beredar di Masyarakat karena kurang hati-hatinya kita dalam menggunakan internet khususnya media sosial, terutama ada keamanan akan data kita, kasus penculikan karena kenalan di Facebook salahsatu contoh real yang memakan korban dari hari ke hari.

Suasana acara

Kita terlalu mudah untuk menerima pertemanan seseorang di Media Sosial tanpa verifikasi terlebih dahulu, atau emosi kita mudah sekali tersulut dan menuliskan emosi itu di ranah maya, yang pada akhirnya berefek pada masalah dan kasus hukum.

Siswa sebagai ujung tombak generasi bangsa sudah saatnya dilibatkan secara aktif untuk bisa menjaga diri sendiri dalam berinternet dan juga menjadi tempat bertanya untuk bagaimana menggunakan internet secara bijak kepada rekan-rekan seusianya.

Antusiasme siswa dalam menyimak

Pemaparan yang disampaikan pada acara LDK Osis MTs Yapisal disambut dengan sangat antusias oleh siswa dan terjadi interaksi dan komunikasi dua arah yang dinamis, semoga langkah kecil ini bisa memberikan manfaat dan bisa menyebar lebih luas lagi.

No comments:

Post a Comment